Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Cirebon Bekerja Sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon Mengadakan Diklat Administrasi Perpustakaan

Rabu, 30 Agustus 2017

Pengadilan Agama Cirebon mengadakan Diklat di Tempat Kerja untuk mengurus Administrasi Perpustakaan Pengadilan Agama Kota Cirebon dengan Mengundang Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Cirebon.

Acara yang dilangsungkan selama 3 hari, dimulai pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2017 pada pukul 09.30 wib. Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Kota Crebon Drs. Asep Mujtahid, MH., Sekretaris Ahud Hurairi, S.HI., Para Kasubag Ahmad Busyaeri, S.Pd.I, Asep Rochwardiato, S.HI., Hafies Yudha Kusuma, S.Kom., SH., Padmud Gugatan H. Zaenal Hasan, S.Sy., admin M. Zaki Mubarok, Amd., Rudi Runadi KH., dan petugas perpustakaan Chindi Defriyanti, S.Kom. 

Tim Puustakawan Daerah Kota Cirebon diwakili oleh Kabid Pengembanngan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Bpk. Harpeni Hariyanto, Pustakawan Penyelia Bpk. Sumarta, Pustakawan Muda Bpk. Dedi Kurniadi, S.Sos., dan Pustakawan Pertama Bpk Suhari, S.AP.

Pada hari pertama Senin 28 Agustus 2017, Tim Pustakawan Daerah Kota Cirebon menjabarkan teori tentang administrasi perpustakaan bahwa standar perpustakaan mennggunakan metode DDC (Dewey Decimal Clasification) yang telah digunakan oleh hampir seluruh referensi perpustakaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pada hari kedua Selasa 29 Agustus 2017, Pegawai Pengadilan Agama Cirebon dibantu oleh Tim Pustakawan meninjau langsung kondisi perpustakaan pada Pengadilan Agama Cirebon. Metode DDC langsung diterapkan pada buku-buku di perpustakaan. Seluruh buku-buku perpustakaan diklasifikasi, diinput datanya ke dalam aplikasi, dan diberi nomor label, serta diberi nomor panggil.

Akhirnya pada hari ketiga Rabu 30 Agustus 2017, perpustakaan Pegadilan Agama Cirebon telah berhasil menyusun buku-buku sesuai dengan prosedur yang benar. Harapan Tim Pustakawan Daerah Kota Cirebon supaya kedepannya perpustakaan Pengadilan Agama Cirebon pada khususnya dan Perpustakan di Indonesia pada umumnya dapat menggunakan standar pelabelan dan administrasi yang benar pada bidang perpustakaan.

(Kasubbag IT/hfs)