Seputar Peradilan

Pembinaan dan Ekpose Hasil Pengawasan Tim BAWAS pada Pengadilan Agama Cirebon

Kamis, 15 Februari 2018

Pengadilan Agama Cirebon pada tanggal 12 sd 15 Februari 2018 telah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Pemeriksa pada Badan Pengawasan pada Mahkamah Agung RI dan mendapatkan apresiasi yang cukup baik dari Ketua Tim Pemeriksa. Pembinaan dan Ekspose hasil Pemeriksan dari Tim Pemeriksa dilangsungkan pada hari Kamis tanggal 15 Februari 2018 pada pukul 08.00 sd pukul 10.00 wib bertempat di Ruang Sidang Gedung pengadilan Agama Cirebon, Jalan Brigjend Dharsono (ByPass) Nomor 05 Kota Cirebon.

 

Pembinaan dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Cirebon Ahud Hurairi, SHI., kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Cirebon Drs. Mohamad Moenawar Subkhi, MH.Bbeliau menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Tim Pemeriksa Bawas. Ketua Tim Pemeriksa Bpk. Taufiq Hamami, Hakim Pengawas pada badan Pengawas Mahkamah Agung RI kemudian menyampaikan apresiasi yang cukup baik tentang Administrasi pada Pengadilan Agama Cirebon, hanya saja beliau menyampaikan bahwa perlu ada beberapa hal yang harus dibenahi. salah satu contohnya adalah penggunaan Surat Kuasa Untuk Membayar harus disesuaikan dengan format yang ada sesuai daengan aturan yang berlaku.

 

Setelah mengeksepose beberapa temuan, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa kendala yang terjadi pada Pengadilan Agama Cirebon dikemukakan oleh Hakim Drs. Nurdin dan Panitera Drs. Mochamad Jalaludin, salah satu contohnya adalah tentang administrasi persidangan, penyelesaian perkara melalui mediasi dan rasionalisasi perkara.

 

Pada sesi terakhir, ketua Tim Pengawasan mnyerahkan laporan pemeriksaan Tim kepada Ketua Pengadilan Agama Cirebon dengan disaksikan oleh Seluruh Pegawai. Pembinaan dan Ekspose Hasil Temuan ditutup dengan foto bersama seluruh Pegawai Pengadilan Agama Cirebon dan Tim pemeriksa Bawas. 

(Kasubag IT/Hfs)