Seputar Peradilan

Sosialisasi Reformasi Birokrasi oleh Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Jumat, 13 April 2018

Pengadilan Agama Cirebon dan Pengadilan Negeri Cirebon mengadakan Sosialisasi Reformasi Birokrasi yang dihadiri oleh seluruh Tim RB Pengadilan Agama yang berjumlah 20 orang dan Tim RB Pengadilan Negeri Cirebon yang berjumlah 50 orang. Acara dilangsungkan pada pukul 08.00 wib bertempat di Ruang Sidang Utama gedung Pengadilan Agama Cirebon, Jalan Dr. Wahidin Nomor 18, Kota Cirebon. Sambutan dari Ketua Pengadilan negeri Cirebon Bapak Suharno, SH., MH. menyampaikan bahwa Pengadilan Agama dan Negeri Cirebon sangat berterimakasih kedatangan Ketua Tim Reformasi Birokrasi dari Mahkamah Agung. Beliau juga menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri sudah menerapkan sebagian amanat Reformasi birokrasi akan tetapi belum mendapatkan penjelasan yang utuh dan menyeluruh terkait Reformasi Birokrasi yang dicanangkan oleh Mahkamah Agung RI melalui Surat Sekma Nomor 23/Sek/SK/IV/2016 jo.Nomor 48//Sek/SK/II/2016 jo. Nomor 170/Sek/SK/III/2018.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang Reformasi Birokrasi oleh Ketua Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung, Jeanie HV. Hurauruk, SE., MM., Ak., CA sebagai narasumber. Reformasi Birokrasi yang terdiri dari Birokrasi yang bersih dan akuntabel, Birokrasi yang efektif dan Efisien, dan Birokrasi yang bertujuan pelayanan publik yangberkualitas ini terdiri dari 8 Area Perubahan. Seluruh jajaran pimpinan sampai dengan staf harus turut berkontribusi dalam penyelenggaraan reformasi birokrasi ini demi terciptanaya keberhasilan sehingga outcome dari Mahkamah Agung Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap pengadilan dapat tercapai sesuai visi Mahkamah Agung RI Mewujudkan Badan Peradilan Yang Agung di Indonesia. Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang 8 area perubahan yang disampaikan oleh Bpk Mahjum dari Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI. beliau menjelaskan bahwa 8 area perubahan itu dipimpin oleh Hakim dengan beberapa Staf yang menjalankan area perubahan tersebut. Beliau juga menjelaskan bobot dari masing-masing Area Perubahan tersebut. 

Setelah penjelasan singkat tentang 8 area perubahan, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan penyerahan Sertifikat Sosialisasi Reformasi Mahkamah Agung kepada seluruh tim Reformasi Birokrasi dari Pengadilan Agama dan Pengadilan negeri Cirebon dengan simbolis oleh Ketua, Wakil, Panitera, dan Sekretaris.

Acara ditutup dengan motivasi singkat dari Ketua Tim RB Mahkamah Agung supaya setiap kementerian Lembaga dalam hal ini Pengadilan Agama Cirebon dan Pengadilan Negeri Cirebon bersemangat dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi ini. Akhirnya seluruh peserta rapat mengadakan foto bersama antara Tim RB Mahkamah Agung, Tim RB Pengadilan AGama Cirebon dan Tim RB Pengadilan Negeri Cirebon.

(Kasubag IT/Hfs)